Teknik Industri Diploma III dengan basis desain produk industri, didirikan pada tahun 1998 dengan SK DIKTI NO.172/DIKTI/Kep/1998. Bidang keahlian ini berupaya untuk membantu menumbuh kembangkan keahlian bidang desain teknik industri secara umum di Indonesia. Pada saat penyusunan kurikulum 2014-2019 terakreditasi BAN-PT No. 013/BAN-PT/Ak-X/Dpl-III/VIII/2010.

Bidang keilmuan dan ketrampilan Program Studi merupakan bagian dari disiplin engineering, yang berfokus pada sistem baik pada proses maupun performansi dengan kualitas dan produktivitas sebagai ukuran keberhasilannya. Secara umum dapat dinyatakan bahwa Teknik Industri Diploma Tiga ITN – Malang mempunyai klasifikasi bahan kajian yaitu Industrial Engineering Science, Industrial Product Design, Basic Science dan Engineering Science, Studi Umum, Performasi, Pengembangan Produk, IT, Karakter dan Kewirausahaan. Ketrampilan yang dihasilkan adalah kemampuan manajerial manufaktur, rekayasa desain produk industri, kewirausahaan serta memiliki etika dan kepribadian yang baik.

Sistem pengembangan kurikulum baru ini, sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, kurikulum disusun berdasarkan aspek kebutuhan teknologi dari stakeholders maupun kebutuhan pasar saat ini.

Tujuan disusunnya kurikulum baru ini, mempersiapkan peserta didik untuk mampu menjawab tantangan saat ini maupun masa depan sesuai dengan ranah Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).

Proses penyusunan kurikulum, melibatkan stakeholders serta melalui tracer studydari pengguna alumni.